Jumat, 11 November 2016

Makalah Pendidikan Agama Islam



MAKALAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKIKAT ISLAM SEBAGAI AGAMA RAHMATANLIL’ALAMIN

Description: E:\berkas\LOGO UNEJ.jpg






NAMA : NANDA AYU NING PUTRI
JURUSAN/PRODI :  EKONOMI/D3 K3SEKRETARIATAN
NIM : 150803103007


DAFTAR ISI

COVER                                             ……………………………………………  1
KATA PENGANTAR                     ……………………………………………  2
DAFTAR ISI                                     ……………………………………………  3
BAB. 1 PENDAHULUAN                ……………………………………………  4
1.1. Latar Belakang                          ……………………………………………  
1.2. Rumusan Masalah                     ……………………………………………  
1.3. Tujuan Penulisan Masalah       ……………………………………………  
BAB.2 PEMBAHASAN                   ……………………………………………  6
2.1. Hakikat Islam                             …………………………………….………
2.2. Macam-macam Hakikat Islam  ……………………………………………
2.3. Karakteristik Agama Islam       ……………………………………………
BAB 3. PENUTUP                           …………………………………………… 7
3.1. Kesimpulan                                 ……………………………………………
DAFTAR PUSTAKA                      …………………………………………… 8










KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul  “HAKIKAT ISLAM SEBAGAI AGAMA RAHMATAN LIL’ALAMIN “dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan mengenai Islam.
            Semoga makalah ini dapat dipahami dan dapat berguna bagi saya sendiri maupun yang membacanya. Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya menerima kritik dan saran yang dapat membangun demi perbaikan di masa depan.






Jember, 08 September 2015

Penyusun        






BAB I
I.I LATAR BELAKANG
Islam menurut pengertiannya adalah Dinul Islam yang berasal dari kata ‘aslama’ yang artinya menyerah ,tunduk atau patuh. Dari asal kata ‘aslama’ di artikan menjadi beberapa arti  yaitu ‘alam’ artinya keselamatan,‘salam’ artinya keselamatan, ‘taslim’ menyerah, ‘ sullami’ artinya titian. Islam  mengandung  pengertian peraturan yang di wahyukan oleh allah  SWT kepada rasul untuk menciptakan keselamatan, kesejahteraan, perdamaian, bagi umat manusia. Agama Islam dibawah oleh Nabi Muhammad SAW di sebarkan untuk umat manusia. Lil’almin pengertiannya Islam bisa menebarkan pesona di mana-mana, oleh sebab itu kita sebagai hamba allah bisa menebarkan hal – hal yang baik untuk menjadikan agama Islam sebagai Islam yang lil’alamin.
I.II RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud hakikat Islam?
2.      Apa saja hakikat Islam?
3.      Apa saja karakteristik Islam?
4.      Apa saja bukti kesempuraan Islam?
I.III TUJUAN PENULISAN
1.      Menjelaskan tentang hakikat Islam
2.      Menjelaskan karakteristik Islam
3.      Menjelaskan bukti kesempurnaan Islam.










BAB II
PEMBAHASAN
II.I HAKIKAT ISLAM
Islam berasal dari kata salam yang mempunyai makna perdamaian. Secara umum Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada umat manusia melalui rasul-rasul-Nya yang mengajarkan perdamaian kepada diri-sendiri, sesama umat manusia, dan sekitar lingkunganya, serta tunduk, patuh dan menaati semua larangnya.
Menurut Muhammad Ali bahwa Islam sebagai agama yang mengajak umatnya kepada perdamaian dan kerukunan atau persatuan. Dan menurut Hasbi Ash-Shiddiqy bahwa Islam adalah suatu kumpulan peraturan yang ditetapkan Allah untuk menuntun para umatnya memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.
II.II MACAM-MACAM HAKIKAT ISLAM
Hakikat Islam mencakup tiga unsur yaitu :
a.       Iman
b.      Moral
c.       Berbuat Baik
Ketiga unsur pokok ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Artinya, iman baru befungsi jika disertai oleh moral yang mulia dan perbuatan baik. Demikian juga sebaliknya, berbuat bajik dan bermoral tinggi tanpa disertai oleh iman yang benar belumlah termasuk ke dalam kategori beragama.

II.III KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM
Agama Islam sebagai agama yang melengkapi proses kesinambunganagama wahyu, agama Islam telah memiliki beberapa karakteristik atau sifatdasar, dan sekaligus karakteristik merupakan keistemawaan Islam yang membedakannya dengan agama-agama yang lain. Islam merupakan agama universal, karena berasal dari zat yang menguasainya, mengatur dan memelihara sekalian alam. Berbeda dengan agama lain, termasuk agama yang dibawa oleh para nabi sebelumnya, Islam yang dibawa oleh nabi Muhammad bersifat universal, bahkan keberlakuan ajaran Islam untuk seluruh manusia, yang hidup di segala tempat, zaman dan keadaan, merupakan suatu prinsip ajaran Islam yang mesti diterima oleh seluruh umat manusia(muslim) sebagai suatu keyakinan. Secara global karakteristik Islam yaitu :
1.      Agama Islam merupakan agama samawi. Artinya bahwa Islam itu adalah agama yang datang dari Tuhan, bukan agama ciptaan manusia.
2.      Mempunyai nabi dan rosul
3.      Ajarannya mendorong kepada pemeluknya untuk menciptakan  bersama baik yang menyangkut harta benda, tolong menolong, berbuat adil, dan sebagainya.
4.      Visi keagamaannya bersifat toleran, pemaaf, tidak memaksakan, dan saling menghargai, karena didalam agama tersebut terdapat unsur kesamaan yaitu pengabdian kepada Tuhan.
5.      Setiap ajarannya ditujukan hanya untuk beribadah kepada Tuhan.
6.      Mengandung konsep akidah yang didalamnya terdapat unsur keimanan yang harus diwujudkan tidak hanya dengan kata-kata, namun juga dengan amal perbuatan.
7.      Islam tidak menentang adanya perkembangan ilmu pengetahuan, bahkan sebaliknya, selalu mendorong untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
8.      Islam selalu menekan akan pentingnya ekonomi dalam menjamin keberlangsungan hidup manusia.
9.      Islam juga menekankan akan pentingnya kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani.



BAB III
III.I KESIMPULAN
Setelah kita membahas tentang Hakikat dan Karakteristik Islam, kita dapat mengambil kesimpulan:
Islam adalah agama yang dapat mengantarkan manusia menuju pada kehidupan yang damai, harmonis, aman, tenteram, sejahtera, dan bahagia tidak hanya di dunia tetapi juga akhirat.Unsur pokok agama islam ada 3 yaitu : iman , moral, berbuat baik  Dan karakteristik agama Islam yaitu :
a.  Bersifat universal
b. Ajaran sederhana, rasional dan praktis
d. Sebuah cara hidupyang lengkap
e. Kesatuan antara materi dan keohanian
f. Keseimbangan antra pribadi dan masyarakat
g. Ketetapan dan perubahan
h. Al-Quran sebagai pedoman suci umat Islam tetap terjaga keasliannya dan kemurniannya.




















DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar